Minggu, 30 September 2012

Neraca

Neraca adalah instrumen untuk mengukur massa benda, bukan berat benda. Pada pelajaran fisika dijelaskan bahwa massa itu adalah jumlah molekul pada suatu benda, sedangkan berat adalah massa benda dikalikan dengan percepatan gravitasi yang dia alami. Satuan Internasional (SI) nya adalah kg (baca: Kilogram)

Ada banyak jenis neraca, secara garis besar ada 2 jenis neraca:
1. Neraca Digital
2. Neraca Mekanis

A. Neraca Digital
Merupakan neraca yang cara kerjanya menggunakan tenaga listrik berarus lemah dan indikator nya berupa angka digital.
Beberapa jenis neraca yang termasuk neraca digital
1. Neraca teknis digital, merupakan neraca digital yang sering digunakan untuk menimbang zat dalam jumlah kecil dan memiliki ketelitian hingga 0.1 gram (100 mg). Neraca ini banyak digunakan karena penggunaannya yang praktis dan hemat ruang.


2. Neraca analitis digital, merupakan neraca digital yang digunakan di laboratorium kimia. Neraca ini memiliki ketelitian yang tinggi ingga 0,0001 gram atau 0,1 mg dimana dalam penggunaanya neraca ini digunakan sebagai instrumen pembantu dalam melakukan uji kuantitatif pemeriksaan kimia. Neraca ini dilengkapi tutup dari gelas atau plastik untuk menghindari masuknya udara dan debu karena alat ini sangat sensitif.

 
B. Neraca Mekanis
Merupakan neraca yang cara kerjanya secara mekanis menggunakan sistem lengan ayun maupun pegas. Indikator neraca  ini bisanya berupa jarum yang menunjuk pada suatu skala.
Beberapa neraca yan termasuk dalam neraca jenis ini adalah
1. Neraca Ohauss
Merupakan neraca yang terdiri atas tiga batang skala. Batang pertama berskala ratusan gram, batang kedua berskala puluhan gram, dan batang ketiga berskala satuan gram. Neraca ini mempunyai ketelitian hingga 0,1 g. Benda yang akan ditimbang diletakkan di atas piringan. Setelah beban geser mulai dari ratusan gram ke satuan gram (dari belakang ke depan) hingga setimbang dengan benda, massa benda dapat dibaca pada skala neraca.

2. Neraca teknis mekanik
Neraca ini fungsinya sama dengan neraca teknis digital, namun sistem kerjanya berbeda. Dengan dua lengan yang di tiap ujungnya ada piring untuk letak zat dan anak timbang dimana kedua lengan tersebut bertumpu di tengah. Di bawah tumpuan lengan tersebut terdapat jarum yang menunjuk ke skala, jika jarum tersebut tepat di tengah maka neraca dalam kondisi zero (nol). Penggunaanya adalah anak timbang diletakkan di sisi tangan yang tidak dominan, sedangkan zat diletakkan di sisi lengan yang dekat tangan dominan, zat ditambah atau dikurangi hingga jarum penunjuk dikurangi. Misal: Anak timbang di sebelah kiri, zat di sebela kanan, jarum pada neraca condong ke arah kiri, maka sisi kanan lebih berat sehingga zat harus dikurangi hingga jarum tepat di tengah. Neraca ini memiliki ketelitian hingga 0,1 gram.

3. Neraca analitis mekanik
Neraca Jenis ini fungsinya sama dengan neraca analitis digital. Bentuk fisiknya juga mirip dengan neraca teknis mekanik, bedanya, kestabilan instrumen ini lebih tinggi dibanding neraca teknis sehingga ketelitiannya pun lebih tinggi yaitu hingga 0,01 gram. Teknik penggunaanya juga sama dengan neraca teknis mekanik.


C. Cara menimbang dengan benar
1. Selalulah menimbang dalam posisi duduk
2. Pastikan neraca rata air dengan melihat waterpas yang ada di dalamnya.
3. Menimbanglah di tempat yang bebas getaran
4. Pastikan neraca dalam kondisi zero (nol)
5. Menimbang harus dalam keadaan tertutup dan menggunakan kertas timbang, maka dari itu beberapa neraca memiliki rumah kaca untuk mengurangi kesalahan penimbangan akibat hembusan udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar